Jasa SEO Blog

Etika Komentar: Hindari Menulis Alamat Blog & Link

komentar blog
Jangan tuliskan alamat blog Anda saat komentar. Hindari promosi blog via kolom komentar. Itu melanggar etika.

Demikian dikemukakan Brick Marketing dalam postingnya tentang Etika Komentar di Blog. "Don’t be promotional," tulisnya. Selengkapnya:

"A blog comment is not an online billboard for you to promote your products/services. Unless you have a very, very good reason to include a link in the comment (such as an article that backs up your point) don’t drop links in the comment field, especially not ones back to your own site." 

"Most blog owners realize that blog comments are part of a link building strategy, but there is no need to get greedy about it. Very few blog owners that actively monitor the comments are going to let a promotional blog comment go through and might mark you as a spammer, meaning you’ll never get another comment (even if it isn’t promotional) to go live on that blog."

Etika komentar dengan tidak menyertakan link hidup atau alamat blog ini sering dilanggar. Banyak blogger, dengan tujuan mendapatkan, menulis komentar dan menyertakan alamat blognya dalam komentar. Misalnya: 
  • "Nice info gan, sudah saya terapkan di http://www.contohblog.net"
Banyak juga yang menulis komentar alakadarnya, lalu minta kunjungan balik. Misalnya,
  • "Artikel menarik, jangan lupa kunjungi blog saya juga http://www.contohblog.net..."
Yang lebih parah adalah komentar yang isinya 100% promosi blog atau promosi bisnis. Selain di komentar blog, komentar promosi ini sering kita jumpai di situs berita dan komentar Facebook yang gak nyambung sama sekali dengan berita.

Komentar Blog yang Baik

Komentar yang baik di blog orang lain di antaranya:
  1. Tidak menyertakan link hidu atau link aktif (Spammy Comments)
  2. Tidak minta kunjungan balik (kunbal)
  3. Isi komentar tidak terlalu pendek, minimal dua kalimat.
  4. Isi komentar relevan atau "nyambung" dengan topik posting
  5. Isi komentar berupa koreksi atau tambahan
Jika kelima ciri komentar yang baik itu dilakukan, maka blogger lain akan terkesan dan tanpa diminta akan membuka link akun Google Plus Anda untuk kemudian membuka blog Anda.

Sebaliknya, jika komentar Anda hanya "modus" atau "basa-basi" untuk mendapatkan backlink dan promosi blog, maka blogger lain juga akan "enek" dan itu menurunkan reputasi Anda dan blog Anda.

Demikian etika komentar blog khususnya tentang menuliskan alamat blog di dalam isi komentar. Ada pandangan lain? Just leave a comment! (http://www.contohblog.net).*
Labels: Posting Blog, Tips Blog

Thanks for reading Etika Komentar: Hindari Menulis Alamat Blog & Link. Please share...!

4 Comment for "Etika Komentar: Hindari Menulis Alamat Blog & Link"

Oke mas. Tapi banyak saya temukan pada beberapa artikel CB, pada kolom komentar banyak yang bertanya, "mas saya membuat navigasi melayang bagaimana?" CB biasanya mengarahkannya dengan membalas komentar disertakan link mengarah ke artikel tersebut (artikel yang memberikan penjelasan/jawaban).

Sedangkan diatas dijelaskan bahwa, "Jangan tuliskan alamat blog Anda saat komentar..."

Pertanyaan ini memang diluar konteks komentar Spam. Semoga mas mengerti. Hehehe. Itu bagaimana mas, hukumnya? Makruh, halal, atau haram? Heuheu..

"Jangan tuliskan alamat blog ANDA saat komentar..." tentu BEDA dengan "Jangan tuliskan alamat blog SAYA/SENDIRI saat komentar..." Semoga paham :)

oh iya mas salah paham hahaha

kwkwkwkwkkwk... niche niche... eh nice....
(ini spam pasti karena sekedar basa basi)

bagaimana cara membuat backlink secara benar bukan hanya tempel link hidup saja di kolom komentar apalagi bisa dapatkan backlink dari situs besar misal wikipedia dan kaskus begitu? dan mohon diberikan jawaban umum perbedaan onpage dan offpage itu bagaimana sich? makasih
(ini bukan spam kan walau komentar tanya bukan komentar "koreksi"..)

bagaiaman jika da seorang yang mungkin merasa pakar seo dan adsense lalu berkomentar di blog kita "template kamu salah letaknya, ini itu blablabla.. lalu pasang link dia disertai kata2, jika pingin punya template terbaik liat di https://cumacontoh.obokoboktok.com begini
(apa ini seperti jebakan link saja atau backlink atau outlink or spamming)

mohon himbauannya mas, biar saya nanti bisa jadi pesaing blog sampeyan walau templatenya juga comot dari gratisan sampeyan hehehe..
nb: saya ada 6 blog tapi template hancur semua makanya saya tinggal dari 2008 lalu dan sekarang mau coba lagi..

Spammy comment and live link will not be published. Good comment will encourage reader to visit your profile and blog.

Back To Top